Senin, 16 Maret 2015

Resep Red velvet Cupcake

Bahan-bahan

Tepung Terigu140 gram
Chocoa powder1 sendok makan
Baking Soda1 sendok teh
Mentega57 gram
Gula Halus100 gram
Telur Ayam1 butir
Vanili1 sendok teh
Susu Cair110 ml
Pewarna Makanan Merah5 sendok teh
Cuka Apel1 sendok teh
Tepung Terigu3 sendok makan
Susu Cair250 ml
Mentega Tawar200 gram
Vanili1 sendok teh
Gula Halus100 gram
Garamsecukupnya

Cara membuat

1
Campur bahan-bahan kering yaitu, tepung terigu, cocoa powder dan baking soda dalam wadah.

2
Dalam wadah terpisah, campurkan susu dan cuka apel, aduk rata, sisihkan.

3
Pada wadah terpisah, kocok mentega, gula halus dan vanili sampai halus dan mengembang [aku menggunakan pengocok telur manual karena ga punya mixer, maklum anak kosan :P]. Tambahkan telur kedalam ke kocokan mentega, aduk hingga rata.

4
Masukkan campuran bahan kering bergantian dengan campuran susu cair dan cuka apel kedalam adonan mentega, aduk rata.

5
Dan terakhir masukkan pewarna makanan merah, aduk lagi hingga merata. Janga terlalu lama diaduk agar adonan tidak turun.

6
Panaskan happy call dengan api kecil.

7
Masukkan adonan kue kedalam loyang cupcake yang telah diberi alas kertas cupcake. Isi sampai 3/4 bagian saja, karena adonan akan mengembang.

8
Ini trik memanggang kue dengan happy call [ini aku peroleh setelah sekian kali percobaan] Jadi sebelum loyang kue dimasukkan kedalam happy call, beri semacam penyangga dibagian dalam happy call, sehingga loyang tidak langsung menyentuk teflon dr happy call. Kita bisa menggunakan sendok atau garpu ataupun potongan genteng yg telah dilapisi aluminium voil. Hal ini dimaksudkan supaya panas dari api tidak langsung mengenai loyang kue sehingga kue tidak gosong bagian bawahnya. Dan ingat, api yg digunakan harus kecil yah.

9
W1siziisijiwmtqvmdyvmdcvmtcvmjgvntqvmzy4lzi3ntazmy5qcgcixsxbinailcjjb252zxj0iiwilwf1dg8tb3jpzw50icjdlfsiccisinrodw1iiiwimtgwecjdxq?sha=0acc268a
Masak cupcake selama 20 - 25 menit. Setelah 20 menit, cek cupcake dengan cara menusukkan lidi atau toot pick, jika setelah ditarik tidak ada adonan yg menempel pada lidi atau toot pick, maka cupcake telah matang. Sisihkan dan dinginkan.

10
Untuk frostingnya, masak susu cair yang telah dicampurkan dengan 3 sendok makan tepung terigu hingga mengental. Aduk terus supaya tidak gosong bagian bawahnya. Sisihkan dan dinginkan dalam suhu ruangan.

11
Kocok mentega tawar, gula halus dan garam hinga lembut dan mengembang. Tambahkan susu yang telah dikentalkan. Aduk lagi hingga rata, lembut dan mengembang. Frosting siap digunakan.

12
Terakhir, hias cupcake dengan frosting sesuai selera. Dan cupcake pun siap disantap. Selamat mencoba ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar